Minggu, 18 Mei 2008

Multiple Yahoo! Messenger

Tidak jarang kita memiliki lebih dari satu account Yahoo! yang kita gunakan untuk berbagai keperluan. Yahoo! Messenger memang salah satu internet messenger yang cukup terkenal dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia untuk berbagai keperluan. Ada yang menggunakannya hanya untuk chat saja, ada yang menggunakannya untuk conference, ada yang menggunakannya untuk layanan support pada pelanggan, ada pula yang menggunakannya untuk komunikasi voice dan video streaming.

Dari sekian banyak fitur yang dimiliki oleh Yahoo! Messenger, kadang kita memerlukan account terpisah untuk masing-masing keperluan. Hal inilah yang membuat kita berpikir memerlukan aplikasi pembantu untuk menggantikan penggunaan Yahoo! Messenger agar dapat menjalankan banyak account Yahoo! sekaligus.

Sebenarnya tidak diperlukan aplikasi tambahan jika hanya diinginkan untuk dapat membuka Yahoo! messenger secara "massal". Hanya perlu dilakukan sedikit modifikasi pada registry sistem microsoft windows yang digunakan, maka Yahoo! Messenger sudah dapat dibuka secara "massal". Untuk sistem linux, aplikasi Yahoo! messenger yang dikeluarkan tidaklah sering diperbaharui, dan tampilannya masih kaku. Jadi disini digunakan Yahoo! Messenger versi microsoft windows.

Berikut ini cara-cara memodifikasi registry sistem windows secara manual agar dapat digunakan untuk membuka aplikasi Yahoo! Messenger secara "massal":

  1. Buka registry editor dengan melakukan langkah berikut:
    • Start > Run > Regedit
    • Buka HKEY_CURRENT_USER > Software > yahoo > pager > Test
    • Pada panel sebelah kanan, klik kanan > New > DWORD value
    • Beri nama "Plural" (tanpa tanda petik) pada DWORD yang kita buat
    • Klik ganda pada Plural, lalu ubah Value Data dari 0 menjadi 1
    • Tutup registri editor
  2. Silakan buka atau jalankan lagi aplikasi Yahoo! Messenger sebanyak yang anda perlukan.

Peringatan: Anda harus hati-hati dalam menjalankan langkah-langkah konfigurasi windows registry, karena jika anda salah langkah, bisa jadi sistem windows anda akan menjadi tidak berfungsi atau berfungsi tapi tidak secara normal.


sumber: www.masdeni.com

Tidak ada komentar: